• SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KEJAKSAAN NEGERI KOTA TASIKMALAYA ISI SITUS BERSIFAT INFORMATIF BUKAN MERUPAKAN LEGAL OPINION DARI KEJAKSAAN NEGERI KOTA TASIKMALAYA, APABILA TERDAPAT DATA ELEKTRONIK BASED YANG BERBEDA DENGAN DATA RESMI PAPER, MAKA YANG MENJADI ACUAN ADALAH DATA RESMI PAPER BASED.
  • Sosialisasi Tupoksi Perdata Dan Tata Usaha Negara kepada Pimpinan Perbankan

    13 April 2017 11:17 PM WIB
    Berita

    Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tasikmalaya Herdwi Witanto, SH, MH pada tanggal 04 April 2017  bersama Kasi Datun, Kasi Pidum, Kasi Pidsus, Kasi Intel dan Jaksa Pengacara Negara melakukan sosialisasi tugas, fungsi, dan wewenang Kejaksaan di bidang perdata dan tata usaha Negara kepada jajaran Pimpina Perbankan di wilayah Kota Tasikmalaya, yang bertempat di Bank Indonesia Kota Tasikmalaya.

    Tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini, adalah untuk meningkatkan kinerja Kejaksaan Negeri Kota dan untuk mengingatkan kembali, menginformasikan tentang tupoksi Kejari dalam hal ini Jaksa Pengacara Negara. Diantaranya, melakukan penegakan hukum, pelayanan hukum, bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lain.

    Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tasikmalaya, Herdwi Witanto, SH, MH menyampaikan bahwa selama ini masyarakat pada umumnya mengenal kejaksaan sebagai lembaga penegakan hukum yang melaksanakan kewenangan penyidikan tindak pidana korupsi maupun melakukan penuntutan tindak pidana di pengadilan. Padahal selain mempunyai kewenangan penyidikan dan penuntutan, Kejaksaan juga mempunyai kewenangan dibidang Perdata dan Tata Usaha Negara yang belum begitu dikenal secara luas oleh masyarakat pada umumnya maupun dilingkungan pemerintah, BUMN/BUMD kota Tasikmalaya pada khususnya.

    Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan Bank BUMN/BUMD Kota Tasikmalaya dapat memanfaatkan fungsi dan kewenangan yang dimiliki Kejaksaan Negeri Kota Tasikmalaya dalam menghadapi permasalahan dibidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

    Selain menyampaikan mengenai kewenangan Kejaksaan dibidang Datun, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tasikmalaya juga menyinggung tentang keberadaan Tim Pengawalan dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Kota Tasikmalaya yang dibentuk dengan tujuan untuk mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan nasional di pusat maupun daerah BUMN/BUMD melalui pengawalan dan pengamanan baik dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan maupun pemanfaatan hasil pembangunan termasuk dalam upaya pencegahaan timbulnya penyimpangan dan kerugian negara.

    MR

    -

    -