• SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KEJAKSAAN NEGERI KOTA TASIKMALAYA ISI SITUS BERSIFAT INFORMATIF BUKAN MERUPAKAN LEGAL OPINION DARI KEJAKSAAN NEGERI KOTA TASIKMALAYA, APABILA TERDAPAT DATA ELEKTRONIK BASED YANG BERBEDA DENGAN DATA RESMI PAPER, MAKA YANG MENJADI ACUAN ADALAH DATA RESMI PAPER BASED.
  • TP4D memberikan Penghargaan kepada 10 Pimpinan SKPD

    13 April 2017 10:53 PM WIB
    Berita

    Tasikmalaya, Sepuluh Dinas di Lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya mendapatkan penghargaan dari Kejaksaan Negeri Kota Tasikmalaya. Kesepuluh dinas tersebut berkomitmen membangun program Kejaksaan dalam pendampingan TP4D yang selama ini dilaksanakan di Wilayah Kota Tasikmalaya. Pendampingan yang dilakukan terhadap dinas-dinas tersebut mengacu kepada intruksi Presiden No. 17 tahun 2015 tentang aksi pencegahaan dan pemberantasan tindakan korupsi di instansi Pemerintahan. Pemberian penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tasikmalaya Herdwi Witanto dalam acara khusus di Hotel City Kota Tasikmalaya.

    Acara dihadiri Walikota Tasikmalaya H. Budi Budiman, Kapolres Tasikmalaya, serta para kepala SKPD di lingkungan Pemerintahan Kota Tasikmalaya. Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tasikmalaya mengatakan, pendampingan TP4D kejaksaan terhadap instansi pemerintahan di Kota Tasikmalaya merupakan bentuk koordinasi dan pengawasan untuk mencegah terjadinya penyimpangan yang akan menimbulkan kerugian negara.

    ”Pendampingan ini upaya-upaya kejaksaan dalam melakukan pencegahan (preventif), sehingga bentuk-bentuk pelanggaran itu dapat kita cegah agar tidak sampai terjadi,” ujarnya. Ia menambahkan, melalui TP4D, Kejaksaan terus memberikan penerangan dan penyuluhan dari aspek hukum kepada setiap instansi pemerintah daerah agar ikut mencegah tindakan melawan hukum.

    ”SKPD yang mendapatkan penghargaan dari Kejaksaan semuanya memiliki komitmen yang kuat untuk didampingi, dan bersinergi dengan kejaksaan dalam upaya mencegah terjadinya tindak pidana korupsi di masing-masing SKPD,” jelas Herdwi. Penghargaan diberikan sebagai bukti SKPD tersebut dianggap telah melaksanakan penyerapan dan penggunaan anggaran sesuai dengan aturan.

    ”SKPD ini dalam melakukan pelelangan sampai pekerjaan kegiatan selesai sudah sesuai dengan aturan, dan tidak ada keraguan dalam pelaksanaan kegiatan,” tuturnya. Sepanjang tahun anggaran 2016 lalu, terangnya, ada sekitar 500 lebih jenis kegiatan di setiap SKPD dilakukan pendampingan TP4D. ”Melalui pendampingan kegiatan di intansi pemerintahan tersebut, Kejaksaaan Negeri Kota Tasikmalaya mendapatkan penghargaan terbaik satu se-Jabar oleh Kejati Jawa Barat,” papar Ia.

    Sementara itu, Walikota Tasikmalaya mengucapkan terima kasih atas penghargaan TP4D dari Kejaksaan Negeri Tasikmalaya. ”Saya harap penghargaan ini bisa memberikan semangat para SKPD dalam meningkatkan kinerja dan menciptakan unit kerja bebas dari penyimpangan anggaran,” ujarnya. Ia melanjutkan, bahwa SKPD harus bisa membangun sinergitas dengan Kejaksaaan dalam rangka mengimplementasikan Inpres tersebut untuk optimalisasi penyerapan anggaran.

    ”Program pendampingan TP4D Kejaksaan Negeri Kota Tasikmalaya, bukan hanya membantu penyerapan anggaran di daerah, tapi program ini juga memberikan rasa aman bagi para pimpinan SKPD, termasuk juga PPK, PPTK dan Pengguna Anggaran (PA) dalam melaksanakan kegiatan. Alhamdulillah Kota Tasikmalaya di tahun 2016 lalu, penyerapan anggarannya mencapai 90 persen. Ini cukup baik,” tandas Walikota.

    Sepuluh Pimpinan SKPD yang mendapatkan penghargaan TP4D yakni Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan, Direktur RSUD Dr.Soekardjo, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Kepala Bappelitbangda, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.

     

    MR

    -

    -